Pengembangan Media Video Mata Kuliah Percetakan dan Sablon pada Program Studi Teknologi Pendidikan

Nuari, Harfajri (2020) Pengembangan Media Video Mata Kuliah Percetakan dan Sablon pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_HARFAJRI_NUARI_15004084_703_2020.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A_03_HARFAJRI_NUARI_15004084_703_2020.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A_03_HARFAJRI_NUARI_15004084_703_2020.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Percetakan dan Sablon saat prakteknya, para mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian dijelaskan kepada setiap kelompok tentang cara/teknik menyablon. Namun saat ini masih belum didukung media yang memadai. Jadi dibutuhkan sebuah media untuk membantu dalam penyampaian materi serta menjadi sumber belajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media video pembelajaran sebagai sumber belajar yang valid dan praktis serta efektif sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan media pada mata kuliah Percetakan dan Sablon Jurusan KTP FIP UNP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Tahapan pengembangan yang dilaksanakan, yaitu perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh empat orang validator dengan dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Uji coba produk melibatkan 20 orang mahasiswa Jurusan KTP FIP UNP tahun masuk 2017. Alat pengumpul data berupa wawancara, dokumentasi, lembar penilaian, dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa produk layak digunakan, berdasarkan penilaian dari ahli materi produk dapat dikategorikan “Sangat Sesuai”, sedangkan penilaian dari ahli media produk yang dikembangkan dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Untuk hasil uji praktikalitas memperoleh penilaian yang dapat dikategorikan “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas menggunakan uji-t dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pre-test dan post-test serta terdapat pengaruh dari media video pembelajaran terhadap mata kuliah Percetakan dan Sablon. Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, video, percetakan dan sablon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:49
Last Modified: 12 Jun 2020 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26836

Actions (login required)

View Item View Item