Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan PAKEM Bagi Anak Tunarungu

Satria, Dede and Amsyaruddin, Amsyaruddin and Marlina, Marlina (2018) Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan PAKEM Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2 (1). pp. 22-25. ISSN print: 2598-5183 - online 2598-2508

[img]
Preview
Text
2018 Artikel di Juppekhu Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu MelaluiPendekatan PAKEM Bagi Anak Tunarungu.pdf

Download (219kB) | Preview
Official URL: http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/v...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas yang kurang memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan tentang membuat kotak tisu dari koran bekas, sehingga mengakibatkan anak tunarungu juga mengalami masalah dalam membuat kotak tisu dari koran bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pembelajaran membuat kotak tisu pada anak tunarungu kelas VIII dilakukan dengan pendekatan PAKEM. 2). Hasil keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas meningkat melalui pendekatan PAKEM. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:18
Last Modified: 11 Jun 2020 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26831

Actions (login required)

View Item View Item