Kebiasaan Belajar Siswa Dilihat Dari Jenis Sekolah

Jelita, Popy Sri (2020) Kebiasaan Belajar Siswa Dilihat Dari Jenis Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ POPY_SRI_JELITA_15006042_4873_2019.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa fenomena siswa acuh tak acuh, tidak berkonsentrasi, sering keluar masuk kelas, malas mengerj akan tugas dan ada yang tidak mempunyai buku pelajaran. Dalam proses belajar mengajar idealnya belajar merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Berdasarkan proses pembelajaran salah satu hal yang mempengaruhi cara belajar siswa disekolah adalah kebiasaan belajar yang belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa di SMP dan MTs, (2) menguji perbedaan kebiasaan belajar siswa di SMP dan MTs ditinjau dari lima aspek yaitu pembuatanjadwal dan pelaksanaanya, membaca dan membuat catatan mengulangi bahan pelajaran, konsentrasi dan mengerjakan tugas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptifkomparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 15 Padang dan MTsN 1 Padang dengan total 887 siswa dari kedua sekolah danjumlah sampel sebanyak 265 siswa dari kedua sekolah yang diambil dengan teknik Simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis data yabg digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis uji beda. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa : (1) kebiasaan belajar siswa di SMPN 15 Padang berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 60%, (2) kebiasaan belajar siswa di MTsN 1 Padang berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 68%, (3) terdapat perbedaan yang signifikan berkenaan dengan kebiasaan belajar siswa di SMPN 15 Padang dan MTsN 1 Padang, yang mana rata­ rata kebiasaan belajar siswa di MTsN 1 Padang lebih baik dari pada siswa di SMPN 15 Padang. Sesuai temuan penelitian, guru BK/Konselor dapat memberikan layanan bimbigan dan konseling yang bisa meningkatkan kebiasaan belajar siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:22
Last Modified: 29 Mar 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26827

Actions (login required)

View Item View Item