Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Terintegrasi dengan Panti Asuhan (Studi: Sekolah Luar Biasa Waraqil Jannah)

Sari, Retno Maya (2020) Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Terintegrasi dengan Panti Asuhan (Studi: Sekolah Luar Biasa Waraqil Jannah). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RETNO_MAYA_SARI_17230008_530_2020.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan diketahui bahwa di Sumatera Barat, tepat nya di Jorong Hilir Balai Paninjauan, Kee. X koto Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat terdapat sebuah sekolah terintegrasi dengan panti asuhan yang khusus diperuntukan untuk anak berkebutuhan khusus. Melalui penelitian ini peneliti akan melihat bagaimana pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah yang terintegrasi panti asuhan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Agar data yang diperoleh bisa dipercaya (absah), maka dalam penelitian ini dilakukan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan waktu. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengacu pada model analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, model data (data display) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemenuhan hak pendidikan anak berkerkebutuhan khusus di sekolah luar biasa waraqil jannah belum berjalan dengan baik, hal ini dapat terlihat dari sarana dan prasarana yang masih belum memadai kebutuhan anak-anak berkebutuhan khusus; selain itu belum adanya guru dengan kualifikasi pendidikan luar biasa yang merupakan syarat guru untuk mengajar di sekolah luar biasa; sekolah ini juga mengalami kesulitan dana untuk memenuhi segala kebutuhan anak. meskipun demikian, sekolah ini mampu mencetak berbagai prestasi non akademik. Kata kunci : anak berkebutuhan khusus, pendidikan, sekolah luar biasa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:26
Last Modified: 11 Jun 2020 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26824

Actions (login required)

View Item View Item