Evaluasi Pelaksanaan Tata Kelola Kampanye, Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahon 2018 di Kota Padang Panjang,Kota Pariaman dan Kota Padang.

Nabella, Nabella (2020) Evaluasi Pelaksanaan Tata Kelola Kampanye, Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahon 2018 di Kota Padang Panjang,Kota Pariaman dan Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NABELLA_18208022_1313_2020.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum berjalan optimal pelaksanaan tata kolola pemilihan kepala daerah pada tahun 2018 terutama pada pelaksanaan tata kelola kampanye, pemungutan dan penghitungan suara di Kota Padang panjang, Kota Pariaman, dan Kota Padang, karena masih terjadi permasalahan yaitu Administrasi data pemilih kurang akurat, kurangnya netralitas penyelenggara, partisipasi pemilih masih rendah, kampanye diluar j adwal, dan alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan tata kelola kampanye, pemungutan dan penghitungan suara pada pemilihan kepala daerah tahun 2018 di Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, dan Kota Padang. Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, informan penelitian ditentukan secara Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan 2 (dua) cara yaitu menggunakan Anlaisis SWOT dan menggunakan Analisis data kualitatif melalui tahap pengelolaan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksnaan tata kelola pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018, belum berjalan maksimal masih terdapat permasalahan. Dalam pelaksanaan tata kelola kampanye yaitu dikarenakan rendahnya regulasi yang ada, kurangya pengawasan dari bawaslu pada saat kampanye, kurangnya kepatuhan peserta pilkada dalam Pemasangan Alat peraga kampanye dan Bahan Kampanye tidak sesuai dengan keinginan pasangan calon, dan masih banyak terjadi Kampanye tanpa pemberitahuan. Didalama pelaksanaan tata kelola pemungutan dan pengitungan suara masih terjadi permasalahan yaitu Ketidak Netralan ASN pada masa Pilkada, Penyelenggara KPPS tidak professional dalam melaksanakan tugas, DPT yang masih belum akurat walaupun sudah menggunakan sistem SIDALIH. Kata Kunci : Pemilihan Kepala Daerah, Tata Kelola, Kampanye, Pemungutan dan Penghitungan Suara

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:26
Last Modified: 11 Jun 2020 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26820

Actions (login required)

View Item View Item