Dampak Penambangan Emas Tanpa Izin (Peti)Terhadap Lingkungan Masyarakat Desa Ngaol Kecamatan Tahir Barat Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

Putri, Sileni (2020) Dampak Penambangan Emas Tanpa Izin (Peti)Terhadap Lingkungan Masyarakat Desa Ngaol Kecamatan Tahir Barat Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SILENI_PUTRI_16168006_1464_2020.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya sember daya mineral. Pertambangan emas yang terdapat di Indonesia mempunyai dampak positif dan negatifterhadap kehidupan dan lingkungan. Sejak ramainya penambangan emas tanpa izin (peti) di desa ngaol kecamatan tabir barat kebupaten merangin banyak masyarakat meninggalkan pekerjaan lama mereka sebagai petani dan menjadi penambang emas, selain mendatangkan mendatangkan manfaat penambangan emas juga menimbulkan dampak terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan kerusakan lingkungan. Penelitian dampak penambangan emas tanpa izin (peti) bertujuan untuk 1 ). Mengetahui apa saja factor pendorong pelaku penambangan emas, 2). Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat penambangan emas, 3). Upaya apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak pertambangan emas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pendorong pelaku penambangan emas adalah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, pengaruh faktor sosial (pekerjaan turun-temurun) dan lemahnya pengawasan hukum. Dampak pertambangan emas berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat karena terjadinya peningkatan pendapatan dan lapangan kerja, adanya konflik sosial dan perubahan pola pikir masyarakat, terjadinya kerusakan lingkungan terutama pada lahan pertanian karena banyaknya lobang-lobang besar bekas tambang dan kerusakan pada sungai. Upaya yang dapat dilakukan dalam meminimalisir dampak pertambangan emas ialah melakukan pengawasan dan pendampingan secara intensif terhadap pelaku penambangan emas dari pemerintah, konservasi lahan bekas tambang, pengembangan kawasan strategis, meningkatkan kesadaran masyarakat dan melakukan penyuluhan terkait pertambangan. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:25
Last Modified: 11 Jun 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26813

Actions (login required)

View Item View Item