Pengembangan Media Pembelajaran CD lnteraktif Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Kelas VIII SMP.

Yeni, Rahma (2020) Pengembangan Media Pembelajaran CD lnteraktif Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RAHMA_YENI_18205071_1378_2020.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa SMP masih sangat rendah. hal nu disebabkan oleh kurangnya minat dan motifasi siswa untuk belajar. Hal mi disebabkan karena media pembelajaran yang belum mampu memfasilitasi, meningkatkan, dan memaksimalkan minat dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian adalah merancang suatu media pembelajaran CD interaktif yang diharapkan dapat meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam belajar. J enis penelitian ini adalah sebuah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Model ini dikembangkan oleh S. Thiagarajan yang terdiri atas empat tahap utama yaitu pendefenisisan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Selama fase awal penelitian dilakukan analisis kurikulum dan analisis konsep yang berhubungan dengan materi bangun ruang (kubus, balok, prisma dan limas). Pase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari angket praktikalitas guru, angket praktikalitas siswa. Data efektivitas diperoleh dari hasil belajar siswa berupa tes akhir untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikalitas media oleh guru sebesar 3,60 dan praktikalitas oleh siswa adalah sebesar 3,56. Sedangkan praktikaliats media pembelaj aran matematika yang dikembangkan telah valid dan praktis dengan nilai 3,5. Hasil belajar siswa tergolong efektif berdasarkan nilai ketuntasan belajar minimal. ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:25
Last Modified: 11 Jun 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26811

Actions (login required)

View Item View Item