Efektifitas Video Tutorial dalam Meningkatkan Vokasional Membuat Macrame Wall bagi Anak Tunarungu Kelas IX di SLB Luak Nan Bungsu

Andriusman, Andriusman (2020) Efektifitas Video Tutorial dalam Meningkatkan Vokasional Membuat Macrame Wall bagi Anak Tunarungu Kelas IX di SLB Luak Nan Bungsu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ANDRIUSMAN_15003110_5364_2019.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yang ditemukan di SLB Luak Nan Bungsu,yaitu kurangnya minat siswa dalam vokasional membuat kerajinan tangan, sehingga penulis memberikan salah satu bentuk vokasional kerajinan tangan baru yaitu vokasional membuat macrame wall. Pembuatan macrame wall dengan menggunakan media video tutorial bagi anak tunarungu kelas IX yang bernama Kevin. Penilitian ini menggunakan jenis penilitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A dan teknik analisis data menggunakan visual grafik.Penggumpulan data dilakukan pencatatan kejadian dengan menggunakan instrument penilaian melalui teknik observasi lansung dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan, kemampuan siswa dalam membuat macrame wall meningkat. Pada awal kondisi baseline(Al) pengamatan dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan mean level 2,6. Pada kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak enam kali pertemuan dengan mean level 9, 1. Pada kondisi baseline (A2) pengamatan dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan mean level 9,8. Overlap data yang terdapat pada kondisi baseline (Al) dan intervensi adalah 0% dan overlap data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi adalah 66,66%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan video tutorial dalam meningkatkan keterampilan kerajinan tangan dalam membuat macrame wall.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:54
Last Modified: 26 Mar 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26799

Actions (login required)

View Item View Item