Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berpadu Mind Mapping terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Anak Didik.

Hanum, Parida (2020) Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berpadu Mind Mapping terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Anak Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_PARIDA_HANUM_17177052_924_2020.pdf

Download (968kB) | Preview

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berpadu Mind Mpping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Anak Didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar anak didik kelas VIIC SMP Negeri 2 Sinunukan Sumatera Utara dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger berpadu Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 anak didik kelas VIIC SMP Negeri 2 Sinunukan sedangkan objeknya adalah keseluruhan proses dan hasil kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, penugasan dan tes. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas anak didik, lembar tugas Mind Mapping dan soal tes tertulis pada tiap siklus atas penguasaan konsep materi yang diperoleh dari pengalaman belajar selama proses pembelajaran oleh anak didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan model pembelajaran Treffinger berpadu Mind Mapping berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari : sebahagian anak didik pada siklus II, telah mampu menghasilkan banyak jawaban saat menyelesaikan permasalahan dengan baik, anak didik sudah memiliki sudut pandang pemikiran yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan, sudah mampu mengomentari jawaban temannya, sudah mampu menyatakan dengan baik peristiwa sehari-hari terkait materi, dibandingan pada siklus I; pada siklus III peningkatan pada siklus II semakin meningkat ditandai dengan hampir seluruh anak didik aktif kreatif dalam mengemukakan ide gagasan yang beraneka ragam, mengerjakan tugas secara mandiri, mampu mengomunikasikan hasil mind mapping nya di depan warga kelas. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa anak didik memperoleh nilai pada Siklus I sebesar 72,00 pada aspek kreativitas kognitif, 70,24 pada aspek kreativitas afektif, dan 69,52 pada aspek kreativitas psikomotorik, dengan rata-rata sebesar 70,58 belum dapat mencapai kriteria ketuntasan. Pada Siklus II anak didik telah dapat memperoleh nilai sebesar 76,23 pada aspek kreativitas kognitif, 75,59 pada aspek kreativitas afektif, dan 76,43 pada aspek kreativitas psikomotorik, dengan rata-rata sebesar 76,08 yang berarti belum mencapai kriteria ketuntasan sekalipun sudah mengalami peningkatan. Pada Siklus III terjadi peningkatan yang lebih baik pada capaian nilai anak didik, telah dapat mencapaian nilai indicator kreativitas penelitian tindakan kelas sebesar 85,23 pada aspek kreativitas kognitif, 85,31 pada aspek kreatifitas afektif, 85.00 pada aspek kreativitas psikomotorik, dengan rata-rata ketuntasan 85,18 > 85% anak didik sudah mencapai nilai 7 5. Kata kunci: kreativitas, hasil belajar, Treffinger, Mind Mapping ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:25
Last Modified: 11 Jun 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

View Item View Item