Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Pendekatan SETS Berbantuan Modul di MAN Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Yanto, Muhammad (2020) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Pendekatan SETS Berbantuan Modul di MAN Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MUHAMMAD_YANTO_19842_3197_2020.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di sekolah belum mampu meningkatkan aktivitas siswa yang ditujukan untuk berintegrasi dengan lingkungan dan masyarakat. Aktivitas siswa yang rendah terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada umumnya siswa cenderung diam sewaktu guru memberikan informasi pada siswa. Dengan rendahnya aktivitas siswa, sehingga berdampak terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa melalui pendekatan SETS berbantuan modul. Pendekatan SETS merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang terpadu yang melibatkan unsur sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat dan mengkondisikan peserta didik agar mau dan mampu menerapkan prinsip sains untuk menghasilkan karya teknologi sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas X MAN Koto Berapak Bayang Pesisir Selatan tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian siswa kelas X.3 dengan jumlah 30 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa berhasil ditingkatkan sehingga semua indikator yang diamati sudah berada pada kriteria baik. Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat dari 46,67 % pada siklus I menjadi 83,33 % pada Siklus II. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga meningkat dari 63,93 pada siklus I menjadi 78,6 pada siklus II. Hal ini disebabkan karena siswa sudah dilibatkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran sudah bersifat student center. Disamping itu siswa juga dapat belajar sendiri dengan modul yang sudah disediakan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS berbantuan modul dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:25
Last Modified: 11 Jun 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26797

Actions (login required)

View Item View Item