Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Flanel bagi Siswa Diskalkulia Kelas IV di SDN 33 Payakumbuh

Khaira, Ghoisi (2020) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Flanel bagi Siswa Diskalkulia Kelas IV di SDN 33 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_GHOISI_KHAIRA_15003123_860_2019.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN 33 Payakumbuh di kelas IV dimana satu orang siswa berinisial RK yang mengalami permasalahan dalam mengenal nilai tempat bilangan. Terlihat saat peneliti melakukan pengamatan pada satu kelas dimana terdapat 25 orang siswa. Penelitian ini penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kondisi baseline 1 (A-1) yaitu kemampuan awal siswa dalam mengenal nilai tempat bilangan sebelum diberikan perlakuan. Kondisi intervensi (B) kondisi dimana siswa diberikan perlakuan dengan menggunakan media papan flanel Sedangkan baseline 2 (A-2) kemampuan siswa setelah diberikan intervensi/perlakuan. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam mengnal nilai tempat bilangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis visual dan grafik (Visual Analisis Of Grafic Data). Pada kondisi baseline 1 (A-1) untuk meningkatkan kemampuan mengenal nilai tempat bilangan dengan mean level yaitu 30,22, pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 66,35 dan pada kondisi baseline 2 (A-2) dengan mean level 77,78. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal nilai tempat bilangan mengunakan media papan flanel yaitu meningkat/positif. Persentase Overlape data pada kondisi baseline 1 (A-1) 0%, dan kondisi baseline 2 (A-2) adalah 14,28%, maka dari itu semakin kecil persentase overlap maka semakin baik pengaruh intervensi atau perunahan tingkah laku. Dengan demikian hipotesis diterima, berarti media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan mengenal nilai tempat bilangan bagi siswa diskalkulia kelas IV di SDN 33 Payakumbuh. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat mengunakan media papan flanel untuk meningkatkan kemampuan mengenal nilai tempat bilangan bagi siswa diskalkulia. Kata Kunci : Media papan flanel, nilai tempat bilangan, siswa diskalkulia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:25
Last Modified: 11 Jun 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26796

Actions (login required)

View Item View Item