Pengembangan Model Pembelajaran Kreasi dan Apresiasi Seni Tari di Sekolah Menengah Pertama

Harma, Ajrina Rosada (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Kreasi dan Apresiasi Seni Tari di Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AJRINA_ROSADA_HARMA_18161047_1551_2020.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Metode ini dirancang untuk mengembangkan suatu produk barn dan menyempumakan produk yang sudah ada dengan langkah-langkah yang dapat dipertanggung j awabkan. Produk yang akan dikembangkan dalam penelitian adalah suatu model pembelajaran apresiasi dan kreasi seni tari di sekolah menengah pertama. Dalam merancang model pembelajaran apresiasi seni pada pembelajaran seni budaya dan keterampilan di SMP dengan menggunakan analisis diagram, diakhiri dengan deskripsi dan analisis diagram sebagai temuan Model pembelajaran tahap pertama yaitu hasil analisis model pembelajaran apresiasi seni yang belum memenuhi syarat dan prinsip pembelajaran yang baik dan benar, perlu segera dibuat model pembelajaran yang dapat dijadikan acuan bagi guru untuk mengajarkan kreasi dan apresiasi seni di SMP, tahap kedua yaitu Mengembangkan menjadi desain produk, merevisinya, serta menguji- cobakan, tahap ketiga yaitu Bahwa dengan melakukan penelitian pengembangan, inovasi- inovasi terhadap kemajuan dunia pendidikan akan dapat terns ditingkatkan melalui produk-produk pendidikan, maupun metode, strategi, bahkan desain pembelajaran yang terns mengalami pembaruan, dan inovasi yang terns berkembang mengikuti kebutuhan perkembangan zaman. Hasilnya setelah produk model pembelajaran selesai dirancang nanti dilakukan uji validitas oleh para ahli dan diperoleh hasil tingkat validitas model pembelajaran apresiasi seni pada pembelajaran seni budaya dan keterampilan di SMP, Selanjutnya model pembelajaran kreasi dan apresiasi seni yang memiliki tingkat validitas diuji tingkat efektivitas dan praktikalitas dengan cara melakukan uji coba kelompok kecil, sedang dan besar dan Setelah produk model pembelajaran diketahui efektif dan praktis, maka dilakukan uji lapangan yang lebih luas dengan cara melakukan penyebaran model pembelajaran ini ke beberapa sekolah untuk digunakan oleh guru-guru seni budaya. Hasil penyebaran ini diperoleh melalui angket diisi oleh guru-guru seni budaya yang menggunakan model pembelajaran ini. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:24
Last Modified: 11 Jun 2020 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26787

Actions (login required)

View Item View Item