Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Management untuk Mengurangi Kecanduan Penggunaan Media Sosial Siswa SMA Ben er Meriah

Pauza, Yulisma (2020) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Management untuk Mengurangi Kecanduan Penggunaan Media Sosial Siswa SMA Ben er Meriah. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YULISMA_PAUZA_17151050_1473_2020.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kecanduan penggunaan media sosial siswa SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Media sosial memiliki karakteristik unik dan memberikan efek menyenangkan sehingga siswa tertarik untuk menggunakannya secara terns menerus. Hal tersebut menyebabkan siswa mengalami kecanduan media sosial dan dapat berdampak pada masalah psikologis dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management untuk menggurangi kecanduan media sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Bentuk penelitian Quasi Eksperimental Design yang digunakan adalah The Non Equivalent Control Group dengan pre test dan post test control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah dengan sampel penelitian berjumlah 18 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples dengan bantuan SPSS 20.00. Temuan penelitian ini memperlihatkan secara umum bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management efektif untuk menggurangi kecanduan penggunaan media sosial siswa, secara khusus temuan penelitian adalah sebagai berikut. 1) Terdapat perbedaan yang signifikan kecanduan penggunaan media sosial siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management. 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kecanduan penggunaan media sosial siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan teknik self management 3) Terdapat perbedaan yang signifikan kecanduan penggunaan media sosial siswa antara kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan teknik self management. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Self Management, Kecanduan Penggunaan Media Sosial 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26782

Actions (login required)

View Item View Item