Developing the Authentic Language English Teaching Materials (AELTMs) for the Second Year Mechanical Engineering Students (2ndYMES)at Politeknik Negeri Padang.

Telaumbanua, Yohannes (2020) Developing the Authentic Language English Teaching Materials (AELTMs) for the Second Year Mechanical Engineering Students (2ndYMES)at Politeknik Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YOHANNES_TELAUMBANUA_14169032_98_2020.pdf

Download (809kB) | Preview

Abstract

Dasar pemikiran pelaksanaan penelitian dan pengembangan materi pengajaran Bahasa Inggris otentik kepada mahasiswa Teknik Mesin tahun kedua adalah materi yang telah/sedang dipelajari tersebut belum sesuai dengan tuntutan kurikulum pendidikan tinggi, kebutuhan mahasiswa, dosen bahasa Inggris dan pemangku kepentingan. Materi pengajaran tersebut masih bersifat generik, repetitive, dan belum mengakomodir kepentingan atau konteks pendidikan atau kelompok mahasiswa tertentu. Akibatnya, materi yang dipelajari ini tidak asli, jauh dari otentisitas, mengabaikan karakteristik pengajaran bahasa di pendidikan tinggi vokasional, serta belum merefleksikan pengetahuan dan keahlian bahasa Inggris yang digunakan didalam dunia nyata. Pengembangan materi pengajaran Bahasa Inggris otentik ini secara teoritis didukung oleh beberapa konsep utama seperti teori Pengembangan Bahan Ajar untuk Pengajaran Bahasa (Tomlinson, 2013); Pembelajaran Otentik (Herrington & Herrington, 2008) dan Desain Otentisitas Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa (Mishan, 2005). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Sugiyono, 2011) sementara desain sistem instruksional adalah model pengembangan/pendekatan ADDIE (Branch, 2009). Instrumen pengumpulan data adalah ceklist observasi, interview, angket, pre-test, and post-test. Teknik analisis data dilakukan dan diproses secara diskriptif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian dan pengembangan materi pengajaran Bahasa Inggris otentik rm adalah materi ajar pengajaran Bahasa Inggris Teknik Mesin yang valid, efektif dan praktis. Pengembangan materi ini telah merefleksikkan pengetahuan dan keahlian yang terintegrasi, struktur bahasa dan pengetahuan kosakata yang digunakan dalam kehidupan nyata. Bentuk bentuk materi yang dikembangkan adalah teks yang berkaitan dengan pekerjaan dan materi visual yang otentik. Kesimpulan adalah pengajaran bahasa Inggris otentik kepada mahasiswa Teknik Mesin tahun kedua adalah valid, efektif dan praktis dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian bahasa reseptif dan produktif, pengetahuan kosakata, dan struktur Bahasa Inggris. Selain itu, produk instruksional ini dapat digunakan dalam konteks yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26781

Actions (login required)

View Item View Item