Strategi Pembelajaran pada Pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang

Novri, M (2020) Strategi Pembelajaran pada Pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_M_NOVRI_15005070_5828_2019.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang. Hal ini dibuktikan dengan minat dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, adanya peningkatan kemampuan peserta didik yang signifikan, adanya peraturan-peraturan yang membantu peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan, adanya sumber belajar yang berkualitas dan berprestasi, tingginya tingkat keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pelatihan ini. Peneliti menduga penyebab hasil belajar yang baik dari peserta didik karena strategi pembelajaran yang diterapkan pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan teknik pembelajaran pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang. J enis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang yang berjumlah 20 orang . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel J enuh. Sampel di ambil sebanyak 100% dari populasi karena populasi kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat pengumpulan data adalah kuisioner berupa daftar pemyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang ialah (a) strategi pembelajaran pada aspek metode pembelajaran sudah sangat baik (b) strategi pembelajaran pada aspek media pembelajaran sudah sangat baik ( c) strategi pembelajaran pada aspek sumber belajar sudah sangat baik (d) strategi pembelajaran pada aspek teknik pembelajaran sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan presentase jawaban peserta didik yang mencapai 83, 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan lembaga tetap mempertahankan strategi pembelajaran yang diterapkan pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:09
Last Modified: 05 Apr 2021 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26779

Actions (login required)

View Item View Item