Pengembangan Bahan Ajar Seni Pada Pembelajaran Tematik Dengan Model Contextual Teaching dan Learning (CTL) Kelas V Sekolah Dasar.

Maladerita, Wiwik (2020) Pengembangan Bahan Ajar Seni Pada Pembelajaran Tematik Dengan Model Contextual Teaching dan Learning (CTL) Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WIWIK_MALADERITA_18124057_1381_2020.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar seni pada pembelajaran tema 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia). Model pembelajaran Contextual Teaching and Leaming (CTL) merupakan pembeajaran berbasis nyata dilingkungan anak dengan langkah-langkah Kontruktivisme, menemukan, bertanya,masyarakat belajar, Pemodelan, Refleksi. J enis Penelitian mt adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang terdiri dari (1) Pendefinisian (Define) yaitu melakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan, analisis peserta didik, (2) Perancangan (Design) yaitu merancang bahan ajar yang akan digunakan, (3) Pengembangan (Develop) melakukan uji validitas, praktikalitas dan efektivitas bahan ajar, (4) Penyebaran (Dessiminate) yaitu melakukan penyebaran bahan ajar yang telah dikembangkan pada Sekolah Dasar tempat penelitian. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar N egeri 03 Tapan dan penyebaran di SDN 05 Alang Ram bah. Hasil penelitian yang ditemukan adalah bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid, dengan rata-rata mencapai 3,6. Hasil uji praktikalitas secara keseluruhan diperoleh persentase kepraktisan sebesar 87,9 dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya bahan ajar peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu proses pembelajaran. Hasil uji efektifitas secara keseluruhan diperoleh persentase efektifitas sebesar 91,8 dengan kategori sangat efektif. Demikian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Berdasarkan hasil terse but, dapat disimpulkan bahwa lembar kerj a peserta didik dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Leaming di kelas V Sekolah Dasar yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Bahan ajar, Contextual Teaching and Learning (CTL),Penelitian Pengembangan. ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26778

Actions (login required)

View Item View Item