Pengembangan LKPD Berorientasi Metode Eksperimen Untuk Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar.

Mulyani, Sri (2020) Pengembangan LKPD Berorientasi Metode Eksperimen Untuk Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SRI_MULYANI_18124047_1294_2020.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

vm Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah melalui upaya untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di semua tingkatan pendidikan. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan pembelajaran tematik terintegrasi dari kelas I ke kelas VI. Pembelajaran tematik terpadu menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Salah satu cara yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran tematik terintegrasi, khususnya dalam membuat LKPD adalah harus menghubungkan materi dengan situasi nyata siswa dalam kehidupan di masyarakat di mana mereka akan bekerja dan menjalani kehidupan, yaitu belajar dengan menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat belajar untuk eksperimen berorientasi tematis dalam bentuk rencana pelajaran, buku siswa, dan lembar kerj a siswa yang valid, praktis, dan efektif. Peralatan ini dikembangkan menggunakan model empat-D. Penyebaran tidak dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan memvalidasi dan mencoba alat yang dikembangkan. Desain peralatan telah dirancang, divalidasi oleh tiga ahli dan praktik dan kemudian diuji secara terbatas di kelas IV SDN Dadok Tunggul Hitam Padang untuk menentukan keberpihakan dan efektivitas peralatan yang dikembangkan. Dari hasil penelitian ini, dapat dilihat bahwa peralatan sains berorientasi pembelajaran eksperimental untuk sekolah dasar yang terdiri dari rencana pelajaran, dan lembar kerja siswa memiliki kategori yang sangat valid. Berdasarkan tes terbatas, dapat dilihat bahwa implementasinya memiliki kategori baik. Respons guru dan siswa setelah menggunakan alat pembelajaran ini menunjukkan hasil positif di mana respons rata-rata sesuai. Pemantauan aktivitas siswa sangat tinggi. Penilaian kognitif, afektif, dan motorik menunjukkan lebih banyak kelengkapan daripada standar minimum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peralatan eksperimen yang berorientasi sains untuk sekolah dasar dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26777

Actions (login required)

View Item View Item