Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction(TAI) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.

Delvia, Riri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction(TAI) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIRI_DEVIA_18124045_1014_2020.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif. Kenyataannya peserta didik tidak berani mengemukakan pendapatnya, tidak terlatih bekerjasama. Proses pembelajaran kurang bermakna, tidak variatif, dan berpusat pada pendidik. Peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) adalah salah satu model yang berpengaruh terhadap basil pembelajaran tematik pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dan motivasi belajar terhadap basil pembelajaran tematik peserta didik kelas V Sekolah Dasar berupa aspek sikap, pengctahuan, dan keterampilan. Penelitian ini dengan jenis quasi eksperiment menggunakanfaktorial design 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 36 Gunung Sarik Padang tahun pelajaran 2019-2020. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VA dan VC. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari angket motivasi belajar dan hasil pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: ( 1) Pengaruh model pembelajaran TAI terhadap basil pembelajaran tematik lebih tinggi dari pembelajaran secara konvensional (thitung = 2,330 > ttabel = 1,682), (2) Peserta didik bermotivasi belajar tinggi memiliki hasil pembelajaran tematik lebih tinggi menggunakan model TAI dari pembelajaran secara konvensional (tmtung = 1,842 > ttabel = 1,717), (3) Peserta didik bermotivasi belajar rendah memiliki basil pembelajaran tematik lebih tinggi menggunakan model TAI dari pembelajaran secara konvensional (thitung = 4,570 > ttabel = 1,706), (4) Tidak terdapat interaksi antara model TAI dan motivasi belajar terhadap basil pembelajaran tematik peserta didik karena diperoleh Fhitung = 1, 7 < Ftabel = 4,03. Kata Kunci : Model pembelajaran Team Accelerated Intruction (TAI), Motivasi Belajar, Hasil Pembelajaran Tematik 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26776

Actions (login required)

View Item View Item