Hubungan antara Konsep Diri dan Kecerdasan Linguistik dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Fitri, Rahmiatul (2020) Hubungan antara Konsep Diri dan Kecerdasan Linguistik dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAHMIATUL_FITRI_18124080_976_2020.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang menghambat proses belajar mengajar karena dalam pembelajaran bahasa Indonesia menuntut siswa aktif mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan kecerdasan linguistik dengan kepercayaan diri siswa kelas V dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis korelasional sederhana dan ganda. Sampel penelitian berjumlah 115 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur variabel konsep diri dan kecerdasan linguistik untuk mendeskripsikan kepercayaan diri siswa kelas V dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan konsep diri dan kecerdasan linguistik dengan kepercayaan diri siswa kelas V dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah hipotesis sederhana dan ganda dengan diperoleh hasil koefisien korelasi (konsep diri) rxly = 0, 368, artinya mempunyai korelasi dengan variabel konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 13,5% adalah signifikan dengan thitung lebih besar daripada ttabel yang berarti kuat hubungannya, kemudian korelasi dengan variabel kecerdasan linguistik terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 23,2% adalah signifikan dengan thitung lebih besar daripada ttabel yang berarti kategorinya sangat kuat hubungannya antara variabel. Sedangkan korelasi koefisien korelasi ganda konsep diri dan kecerdasan linguistik dengan kepercayaan diri siswa sebesar 29,05% yang signifikan dengan fhitung menunjukkan kategori kuat hubungannya antar variabel konsep diri, kecerdasan linguistik, serta kepercayaan diri siswa. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26775

Actions (login required)

View Item View Item