Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME)dan Self Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Andalas Padang.

Yetri, Oktaveni (2020) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME)dan Self Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Andalas Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_OKTAVENI_YETRI_16124114_1292_2020.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

ii Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Negeri 22 Andalas Padang masih rendah. Siswa merasa tidak yakin akan kemampuannya untuk mampu memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi. Dalam proses pembelajaran para siswa beranggapan bahwa matematika itu menakutkan. Hal ini didukung dengan masalah abstrak yang diberikan oleh guru, sehingga siswa kurang memahami masalah yang diberikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pendekatan realistic mathematics education. J enis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 22 Andalas Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas IVC sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta angket self efficacy. Analisis data dilakukan menggunakan uji Anava dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas IV SD 22 Andalas Padang. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self efficacy tinggi tidak berbeda dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self efficacy rendah. Selain itu, tidak terdapat interaksi antara self efficacy, pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pendekatan konvensional dalam mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26774

Actions (login required)

View Item View Item