Kontribusi Pendidikan dalam Keluarga dan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perilaku Prososial Siswa diSMK Negeri 6 Padang.

Harahap, Nur Hasanah (2020) Kontribusi Pendidikan dalam Keluarga dan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perilaku Prososial Siswa diSMK Negeri 6 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NUR_HASANAH_HARAHAP_17151035_1518_2020.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menurunnya perilaku prososial siswa di sekolah. Pendidikan dalam keluarga dan keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler merupakan faktor yang diduga dapat mempengaruhi pembentukan perilaku prososial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ( 1) pendidikan dalam keluarga, keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan perilaku prososial siswa di SMK Negeri 6 Padang, (2) seberapa besar kontribusi pendidikan dalam keluarga terhadap perilaku prososial siswa di SMK Negeri 6 Padang, (3) seberapa besar kontribusi keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap perilaku prososial siswa di SMK Negeri 6 Padang, (4) seberapa besar kontribusi pendidikan dalam keluarga dan keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap perilaku prososial di SMK Negeri 6 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 903 siswa SMK Negeri 6 Padang kelas X & XI dan sampel penelitian 278 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan ganda. Analisis data dibantu dengan menggunakan program SPSS 20.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata pendidikan dalam keluarga, keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan perilaku prososial berada pada kategori tinggi, (2) pendidikan dalam keluarga berkontribusi secara signifikan terhadap perilaku prososial, (3) keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berkontribusi secara signifikan terhadap perilaku prososial, (4) pendidikan dalam keluarga dan keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berkontribusi secara bersama-sama secara signifikan terhadap perilaku prososial. Keywords: Perilaku Prososial, Pendidikan dalam Keluarga, Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26772

Actions (login required)

View Item View Item