Kontribusi Self Efficacy dan Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa Bisnis Manajemen SMK Swasta Kota Padang

Hasanah, Ummul (2019) Kontribusi Self Efficacy dan Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa Bisnis Manajemen SMK Swasta Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_UMMUL_HASANAH_16151048_4889_2019.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar siswa. Self efficacy dan dukungan orangtua merupakan faktor yang diduga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1). pengaruh Self Efficacy terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2). pengaruh dukungan orangtua terhadap motivasi belajar siswa. 3). pengaruh self efficacy dan dukungan orangtua terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian yang dilakukan pada siswa Bisnis Manajemen SMK Swasta Kota Padang dengan populasi siswa yang berjumlah 1150 orang. Adapun teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah Multistage Sampling, dengan sampel sebanyak 296 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi sebagai referensi dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah analisis berganda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey. Untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) self efficacy berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. 2) dukungan orangtua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan 3) self efficacy dan dukungan orangtua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa bisnis manajemen SMK Swasta Kota Padang diharapkan pihak sekolah, guru, maupun orang tua siswa dapat lebih memperhatikan siswa dalam belajar dengan memberikan perhatian dalam lingkungan keluarga dan memperhatikan sikap belajarnya dan juga membantu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Semua ini dilakukan secara kontiniu agar memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26768

Actions (login required)

View Item View Item