Pengembangan Desain Pembelajaran Menggunakan Model ASSURE pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 3 Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar.

Santika, Mira (2020) Pengembangan Desain Pembelajaran Menggunakan Model ASSURE pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 3 Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MIRA_SANTIKA_MIRA_SANTIKA_18124031_1293_2020.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran tematik terpadu pada tema 3 kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ASSURE yang terdiri beberapa tahap yaitu: (1) analyze learner characteristics, (2) state objective, (3) select metohod, media and learning materials, (4) utilize materials, (5) require learner participation, (6) evaluation and revisi. Desain pembelajaran yang dihasilkan divalidasi oleh pakar ahli. Kevalidan isi desain pembelajaran terdapat pada tahap select method, media and materi. Uji coba dilakukan pada tahap utilize materials kepada peserta didik. Hasil pratikalitas terdapat pada keterlaksanaan RPP dan require learner participation .. Efektivitas dilakukan pada tahap evaluation yang dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan isi RPP memperoleh persentase 86% dalam kategori sangat valid. Praktikalitas desain pembelajaran dalam keterlaksanaan RPP memperoleh persentase keseluruhan yaitu 81 %. Angket respon guru memperoleh persentase 92,5%. Angket respon peserta didik memperoleh persentase 88%. Hasil efektivitas belajar peserta didik dilihat pada hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil desain pembelajaran dinyatakan valid dan praktis. ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26767

Actions (login required)

View Item View Item