Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Kontrol Diri Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.

Fidiawati, Liza (2020) Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Kontrol Diri Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LIZA_FIDIAWATI_17151029_1509_2020.pdf

Download (877kB) | Preview

Abstract

Penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa remaja Sekolah Menengah Kejuruan semakin meningkat. Layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah jarang dimanfaatkan untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba. Sebagian besar kegiatan bimbingan kelompok digunakan untuk menyelesaikan permasalahan belajar, pribadi, sosial dan karir. Penelitian ini bertujuan (1) menggambarkan kontrol diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan kontrol diri dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, (3) mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektivitas panduan layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan kontrol diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah. Validitas panduan dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan tampilan panduan layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis nonparametrik dengan uji statistik Koefisien Kendall's (W) dan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kontrol diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba cenderung rendah, (2) pelaksanaan bimbingan kelompok masih mengalami keterbatasan untuk mengatasi permasalahan penyalahgunaan narkoba, Guru BK belum terampil menyusun panduan sebagai media layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan kontrol diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, (3) tingkat kelayakan materi berada pada kategori sangat layak dengan persentase 93% dan tampilan panduan berada pada kategori sangat layak dengan persentase 91 %, tingkat penggunaan panduan oleh Guru BK berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87%. Adanya peningkatan yang signifikan terhadap kontrol diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba setelah implementasi panduan, artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh Guru BK sebagai bahan pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok untuk upaya peningkatan kontrol diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. KataKunci: Kontrol Diri, Penyalahgunaan Narkoba, Bimbingan Kelompok 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26766

Actions (login required)

View Item View Item