Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Pasaman Barat.

Lindra, Lindra (2020) Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Pasaman Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LINDRA_17147016_1489_2020.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ( 1) pengaruh supervtsi akademik (X1) terhadap kinerja guru (Y), (2) pengaruh motivasi berprestasi (X2) terhadap kinerja guru (Y); (3) pengaruh supervisi akademik (X1) dan motivasi berprestasi (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 459 orang dan sampel penelitian diambil menggunakan Teknik Proposional Stratified Random Sampling dengan jumlah 209 orang. Data dikumpulkan dengan angket dengan skala likert. Teknik analisis data mengunakan korelasi sederhana dan ganda, dengan uji persyaratan analisis yaitu uji asumsi klasik dan linieritas dan regresi. Analisis data menunjukkan bahwa variabel berdistibusi normal, terpenuhinya uji asumsi yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesdastisitas, uji autokorelasi dan memberikan pengaruh yang signifikan serta linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 22,4%, lalu motivasi berprestasi memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 33,4%, dan kedua variabel X1 dan X2 memberikan pengaruh terhadap kinerja guru (Y) sebesar 38,44%. maka disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik terhadap kinerja guru SMA Negeri. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri Kabupaten Pasaman Barat. Oleh karena itu, diharapkan pihak terkait untuk dapat memperhatikan supervisi akademi dan motivasi berprestasi agar kinerj a guru dapat meningkat. ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26764

Actions (login required)

View Item View Item