Model Manajemen Pembelajaran pada Sekolah Penyelenggara Inklusi.

Roza, Aslina (2020) Model Manajemen Pembelajaran pada Sekolah Penyelenggara Inklusi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ASLINA_ROZA_17147006_1463_2020.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Secara umum manajemen pembelajaran pada sekolah penyelenggara inklusi belum terlaksana dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model manajemen pembelajaran pada sekolah penyelenggara inklusi yang dapat dijadikan salah satu rujukan kepala sekolah, guru kelas, dan Guru Pendamping khusus (GPK) dalam pengelolaan pembelajaran bagi ABK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah-langkah: (1) deskripsi potensi pengembangan model, (2) pengumpulan data, (3) studi literatur, (4) desain model, ( 5) focus group discussion, ( 6) revisi desain model, (7) validasi desain model oleh ahli, dan (8) revisi II/ finalisasi model. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan GPK. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Manajemen pembelajaran di SDN 33 Payakumbuh pada umumnya belum terlaksana dengan maksimal. Masih terdapat beberapa kegiatan yang tidak terkelola dengan baik oleh guru kelas dan GPK, terutama pada identifikasi-asesment ABK, modifikasi kurikulum, pengembangan keterampilan hidup (life skill), dan evaluasi pembelajaran ABK. Pengembangan model manajemen pembelajaran pada sekolah penyelenggara inklusi yang dihasilkan berupa buku panduan bagi guru kelas dan GPK dalam melaksanakan manajemen pembelajaran di kelas inklusi dengan lebih efektif. Model ini terdiri dari 3 tahap kerja: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi. Direkomendasikan kepada kepala sekolah, guru, dan GPK pada sekolah penyelenggara inklusi untuk menjadikan model ini sebagai salah satu rujukan dalam mengelola pembeajaran ABK pada sekolah penyelenggara inklusi. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 00:44
Last Modified: 10 Jun 2020 00:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26753

Actions (login required)

View Item View Item