Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Menengah Atas Kecamatan Koto Tangah

Wulandari, Wulandari (2019) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Menengah Atas Kecamatan Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WULANDARI_15002070_4002_2019.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan karena masih perlu ditingkatkan lagi kemampuan kompetensi pedagogik guru di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Koto Tangah. Tujuan peneleitian ini adalah untuk memperoleh data tentang (1) kemampuan guru dalam memahami karakteristik peserta didik, (2) kemampuan guru dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran, dan (3) kemampuan guru dalam mengembangkan kurikulum yang diampu. Adapun pertanyaan penelitian adalah bagaimana kemampuan guru dalam memahami karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran, dan mengembangkan kurikulum di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Koto Tangah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Koto Tangah sebanyak 157 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin yaitu sejumlah 89 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang disusun dalam bentuk Skala Likert dengan lima alternatif jawaban yang sudah di uji validitas dan realibilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata (mean) Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek kompetensi pedagogik guru di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Koto Tangah sudah menggambarkan bahwa guru sudah memiliki kemampuan dalam kompetensi pedagogiknya dengan rata-rata 3,64 dengan kategori mampu. Kompetensi pedagogik guru dalam aspek memahami karakteristik peserta didik dengan skor rata-rata 3,84 dengan kategori mampu; kompetensi pedagogik dalam aspek kemampuan dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dengan rata-rata 3,44 pada kategori kurang mampu; dan kompetensi pedagogik guru dalam aspek mengembangkan kurikulum dengan rata-rata 3,65 pada kategori mampu. Dengan demikian dapat dikatakan kompetensi pedagogik guru Sekolah Menengah Atas Kecamatan Koto Tangah sudah dapat dikatakan mampu. Kata Kunci :Kompetensi Pedagogik Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jun 2020 05:36
Last Modified: 09 Jun 2020 05:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26745

Actions (login required)

View Item View Item