Tingkat Kedisiplinan Siswa terhadap Peraturan Sekolah serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling

Hardiana, Mega (2020) Tingkat Kedisiplinan Siswa terhadap Peraturan Sekolah serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MEGA_HARDIANA_15006128_4547_2019.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Disiplin terhadap peraturan sekolah perlu dikembangkan dan ditanamkan pada diri siswa, karena hal itu akan memberikan dampak positif bagi kehidupan dan perilaku mereka. Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang mempunyai peraturan/tata tertib dan sanksi-sanksi yang wajib untuk dipatuhi yang menghendaki agar siswa berdisiplin. Kenyataannya, masih ditemukan siswa yang melanggar berbagai aturan dan tata tertib yang ada di sekolah seperti siswa tidak berpakaian rapi, datang terlambat ke sekolah, absen tanpa keterangan dan berbagai pelanggaran lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kedisiplinan siswa terhadap peraturan sekolah ditinjau dari: (1) berpakaian, (2) ketepatan waktu, (3) perilaku sosial, dan (4) etika belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Tanjung Mutiara Kabupaten Agam sebanyak 320 orang. Sampel penelitian adalah sebanyak 177 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa terhadap peraturan sekolah di SMA Negeri I Tanjung Mutiara Kabupaten Agam pada aspek: (1) berpakaian tergolong tinggi, (2) ketepatan waktu tergolong tinggi, (3) perilaku sosial tergolong tinggi, dan (4) etika belajar tergolong tinggi. Berdasarkan temuan ini, diharapkan guru BK membantu siswa dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dengan memberikan layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan bimbingan kelompok dengan materi yang berhubungan dengan penanaman dan pengembangan kedisiplinan siswa terhadap peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:47
Last Modified: 06 Apr 2021 05:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26742

Actions (login required)

View Item View Item