Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Hasil Belajar Siswa di SMA N 2 Padang

Alfiar, Nia Chaliza (2020) Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Hasil Belajar Siswa di SMA N 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NIA_CHALIZA_ALFIAR_15006021_4591_2019.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi merupakan perilaku menunda-nunda dalam mengerjakan tugas-tugas akademik. Tugas akademik itu diantaranya, tugas menulis, membaca, dan belajar menghadapi ujian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena masih adanya siswa yang hasil belajamya rendah. Salah satu penyebab terjadinya hasil belajar rendah adalah prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran hasil belajar siswa, prokrastinasi akademik, dan menguji hubungan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini 709 siswa dengan peolehan sampel 256 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional dengan menggunakan bantuan program komputer Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 20,0. Instrumen yang digunakan adalah angket model skala Likert untuk mengukur prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1) prokrastinasi akademik siswa secara umum pada kategori sedang, (2) hasil belajar siswa di SMA N 2 Padang secara umum pada kategori sedang dan (3) terdapat hubungan negatif signifikan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa di SMA N 2 Padang dengan Koefisien korelasi -0,154. Artinya semakin rendah prokrastinasi makas semkin tinggi hasil belajar siswa di SMA N 2 Padang, begitu sebaliknya semkin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin rendah hasil belajamya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 00:58
Last Modified: 29 Mar 2021 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26740

Actions (login required)

View Item View Item