Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMP yang Diberi Label Negatif Melalui Bimbingan Kelompok

Elsa, Elsa (2019) Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMP yang Diberi Label Negatif Melalui Bimbingan Kelompok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ELSA_15006009_4667_2019.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri sangat dibutuhkan siswa, agar siswa mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki dengan penuh percaya diri. Idealnya Kepercayaan diri yang dimiliki siswa haruslah berada pada kategori tinggi. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan aspek-aspek yang ada dalam dirinya secara optimal. Namun, kenyataannya yang ada di sekolah masih banyak siswa yang khususnya siswa yang diberi label negatif memiliki kepercayaan diri rendah. Berbagai penelitian telah dilakukan berkenaan dengan kepercayaan diri dengan variavel tertentu. Penelitian ini untuk menguji peningkatan kepercayaan diri siswa yang diberi label negatif melalui bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ekperimen jenis the one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa yang diberi label negatif berjumlah 10 orang siswa di SMP Negeri 33 Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2019. Data yang dikumpulkan dianalinis dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian mengungkapkan kepercayaan diri siswa yang diberi label negatif sebelum (pretest) diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sedang dengan persentase 60,6% dan sesudah (posttest) diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi dengan persentase 72,45%. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan Wilcoxon Signed Rank Test sebesar .005 dengan taraf signifikan 0,005 (0,005 < 0,05), dengan demikian terdapat perbedaan peningkatan kepercayaan diri siswa yang diberi label negatif antara pretest dan posttest. Oleh karena itu guru BK disarankan agar dapat mengembangkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kata kunci: Kepercayaan Diri,Label Negatif,Bimbingan Kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jun 2020 02:35
Last Modified: 09 Jun 2020 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26734

Actions (login required)

View Item View Item