Pendidikan Inklusif: Sebagai Solusindalam Mendidik Anak Istimewa

Irdamurni, Irdamurni and Rahmiati, Rahmiati (2015) Pendidikan Inklusif: Sebagai Solusindalam Mendidik Anak Istimewa. In: Pendidikan Inklusif: Sebagai Solusindalam Mendidik Anak Istimewa. Pacdea, Bekasi, pp. 1-220. ISBN 978-602-95727-9-7

[img]
Preview
Text
Buku Tahun 2015 irdamurni.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan perkembangan terkini dari model pendidikan bagi anak berkelainan yang secara formal kemudian ditegaskan dalam pernyataan Salamanca tahun 1994 pada Konferensi Dunia tentang Pendidikan Berkelainan bahwa “ prinsip mendasar dari pendidikan inklusif adalah: selama memungkinkan, semua anak seyogyanya belajar bersama-sama tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada mereka.” Model pendidikan khusus tertua adalah model segregasi yang menempatkan anak berkelainan di sekolah-sekolah khusus, terpisah dari teman sebayanya. Sekolah sekolah ini memiliki kurikulum, metode mengajar, sarana pembelajaran, sistem evaluasi, dan guru khusus. Dari segi pengelolaan, model segregasi memang menguntungkan, karena mudah bagi guru dan administrator. Namun demikian, dari sudut pandang peserta didik, model segregasi merugikan. Disebutkan oleh Reynolds dan Birch (1988: 57), antara lain bahwa model segregatif tidak menjamin kesempatan anak berkelainan mengembangkan potensi secara optimal, karena kurikulum dirancang berbeda dengan kurikulum sekolah biasa. Kecuali itu, secara filosofis model segregasi tidak logis, karena menyiapkan peserta didik untuk kelak dapat berintegrasi dengan masyarakat normal, tetapi mereka dipisahkan dengan masyarakat normal. Kelemahan lain yang tidak kalah penting adalah bahwa model segregatif relatif mahal, karena tidak mungkin membangun SLB /SDLB di setiap desa atau kenagarian.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:34
Last Modified: 03 Jun 2020 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26719

Actions (login required)

View Item View Item