Mengurangi Perilaku Stereotype Menjilat Tangan pada Siswa Autis Melalui Teknik Aversi

Damri, Damri and Irdamurni, Irdamurni and Zulmiyetri, Zulmiyetri and Taufan, Johandri and Afrianti, Nining (2018) Mengurangi Perilaku Stereotype Menjilat Tangan pada Siswa Autis Melalui Teknik Aversi. Jurnal Pendiidkan Kebutuhan Khusus, 2 (2). pp. 10-14. ISSN Print 2598-5183 – Online 2598-2508

[img]
Preview
Text
artikel autis irdamurni.pdf

Download (515kB) | Preview
Official URL: http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/v...

Abstract

Penerapan teknik aversi pada siswa autisme yang berperilaku stereotype yang suka menjilat tangannya. Metoda yang digunakan eksperimen single subject research (SSR), dengan desain A-B-A. Data dianalisis menggunakan visual grafik mulai dari melakukan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Target behavior diperoleh hasil penghentian prilaku menjilat tangannya. Dari tindakan dan usaha yang dilakukan selama lima kali pertemuan terutama pada kondisi baseline (A1) ternyata prilaku tersebut dominan dilakukannya 80%. Selanjutnya setelah dilakukan intervensi (B) selama sepuluh kali pertemuan dengan menggunakan teknik aversi/ prompting terletak pada rentang 10%. Dan pada kondisi baseline (A2) lima kali pertemuan tanpa diberikan perlakuan, hasil persentase terletak pada 20%. Kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, kecenderungan jejak data, dan perubahan level menurun secara positif, serta persentase overlap pada analisis antar kondisi. Semakin kecil persentase overlap, semakin kuat pengaruh intervensi terhadap perubahan perilaku.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:13
Last Modified: 03 Jun 2020 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26716

Actions (login required)

View Item View Item