Pelatihan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif bagi Guru SD dan SLB di Kepulauan Mentawai

Irdamurni, Irdamurni and Iswari, Mega and Sopandi, Asep Ahmad (2019) Pelatihan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif bagi Guru SD dan SLB di Kepulauan Mentawai. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3 (2). pp. 13-16. ISSN print: 2598-5183 - online 2598-2508

[img]
Preview
Text
pelatihan pelaksanaan PI.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/v...

Abstract

Permasalahan di desa tua pejat , bahwa banyaknya anak berkebutuhan khusus yang belum mendapatkan kesempatan dalam pendidikan yang layak, hal tersebut di karenakan guru-guru belum mempunyai kompetensi dalam membelajarkan anak berkebutuhan khusus pada setting inklusi. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pendidikan inklusif di sekolah dasar. Metode dalam penyelenggaran PKM ini menggunakan multi metode, yaitu metode ceramah dan tanya jawab untuk menyajikan materi berkaitan dengan pendidikan inklusif dan anak berkebutuhan khusus. Selanjutnya menggunakan metode demonstrasi, metoda latihan dan praktek berkaitan dengan materi tentang cara melakukan identifikasi dan assesmen anak berkebutuhan khusus, serta mengembangkan program pembelajaran (RPP) pada setting inklusi, semua pelaksanaan pelatihan tersebut menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran untuk orang dewasa (andragogik). pelaksanaan PKM ini mendapat sambutan yang sangat antusia dari guru guru. Diharapkan peserta pelatihan dapat memberikan pengalamannya kepada guru lain di sekolah masing masing, serta mampu bekerja sama dengan guru SLB dan orang tua anak berkebutuhan khusus dalam pembelajaran anak di sekolah inklusi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 03 Jun 2020 02:45
Last Modified: 03 Jun 2020 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26712

Actions (login required)

View Item View Item