Pengembangan Model Guided Discovery Learning (GDL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di SMA

Yerimadesi, Yerimadesi (2018) Pengembangan Model Guided Discovery Learning (GDL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di SMA. 000128723.

[img]
Preview
Text
03. Disertasi Yerimadesi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peimplementasian model discovery learning dalam pembelajaran kimia di SMA belum sepenuhnya dapat dilaksanakan oleh guru, sehingga keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa belum terstimulasi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran guided discovery learning untuk menstimulasi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia di SMA. Pengembangan produk mengacu pada model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes hasil belajar. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan kepada sejumlah siswa SMA Negeri di Kota Padang pada tahun ajaran 2016/2017. Uji efektifitas produk dilakukan di SMA Negeri 10 Padang. Tahap disseminate dilakukan di SMA Negeri 7 dan 13 Padang. Hasil uji validitas dan praktikalitas produk dianalisis dengan formula kappa Cohen’s. Hasil observasi dan keterampilan berpikir krtitis siswa dianalisis dengan teknik persentase, serta hasil belajar siswa dengan bantuan SPSS 16. Dari hasil penelitian diperoleh suatu model pembelajaran guided discovery learning untuk pembelajaran kimia yang disingkat dengan model GDL-PK. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model ini dapat menstimulai peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia di SMA. Oleh karena itu model GDL-PK layak dipertimbangkan oleh guru dan calon guru untuk diimplementasikan pada pembelajaran kimia di SMA.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 01 Jun 2020 14:37
Last Modified: 02 Jun 2020 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26690

Actions (login required)

View Item View Item