Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Kooperatif TIPE Two Stay Two Stray Kelas V SD.

Putra, Harwin Wedia (2019) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Kooperatif TIPE Two Stay Two Stray Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HARWIN_WEDIA_PUTRA_1309345_5704_2019.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil analisis bahan ajar menulis puisi di kelas V Sekolah Dasar (SD) ditemui beberapa permasalahan tentang bahan ajar menulis puisi yaitu : bahan ajar yang digunakan belum memuat tahapan menulis puisi Pramenulis, saatmenulis dan pascamenulis secara utuh serta bahan ajar belum dikembangkan secara maksimal masih menggunakan bahan ajar yang beredar di sekolah. Hal tersebut berdampak pada hasil menulis puisi peserta didik yang tergolong rendah. Oleh karena itu, guru harus mampu mengembangkan bahan ajar sebagai sarana dalam membantu proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar menulis puisi yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan diperoleh melalui lembar keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan penilaian peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas, penilaian proses menulis puisi, dan penilaian hasil menulis puisi. Berdasarkan uji validitas diperoleh tingkat validitas bahan ajar memiliki kategori sangat valid. Hasil validasi diperoleh dari tiga orang validator ahli dengan melihat aspek isi,bahasa, penyajian dan kegrafikan. Berdasarkan hasil uji coba diketahui bahwa tingkat praktikalitas berada pada kategori sangat praktis. Hal ini dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru dan peserta didik. Selanjutnya dari hasil aktivitas peserta didik, penilaian proses menulis puisi, dan penilaian hasil menulis puisi, Bahan ajar yang dikembangakan dapat dikatakan sudah efektif dalam penggunaannya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar menulis puisi menggunakan Two Stay Two Stray di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif karena sudah memenuhi indikator kevalidan yang telah divalidasi oleh validator, memenuhi indikator kepraktisan setelah diujicobakan kepada guru dan peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Jun 2020 09:11
Last Modified: 01 Jun 2020 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26683

Actions (login required)

View Item View Item