Pengembangan E-modul Pelatihan Mikrotik Guru Teknik Informatika Bidang Teknik Komputer Jaringan

Anshari, Khairul (2019) Pengembangan E-modul Pelatihan Mikrotik Guru Teknik Informatika Bidang Teknik Komputer Jaringan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_KHAIRUL_ANSHARI_16138117_6137_2019.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan survei dan diskusi yang menemukan permasalahan guru pada kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi keahlian, pelaksanaan pelatihan dan kebutuhan modul. Berdasarkan hasil analisis dan observasi diperoleh dari beberapa SMK Negeri di Sumatera Barat bidang keahlian Teknik Informatika penyelenggara konsentrasi Teknik Komputer Jaringan (TKJ) diperoleh data bahwa guru membutuhkan pelatihan mikrotik, cisco, dan fiber optik. Permasalahan pada e-modul pelatihan mikrotik, tampilan materi seperti powerpoint dengan format pdf, sehingga hanya menampilkan bagian inti materi saja, tanpa penjelasan langkah kerja yang lebih rinci, kurangnya materi tentang troubleshooting. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah e-modul pelatihan mikrotik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp dan Nieveen yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah guru Teknik Komputer Jaringan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi materi, lembar validasi e-modul yang dianalisis dengan rumus aiken’s v, angket respon peserta diklat, angket respons instruktur dengan skala likert, dan tes yang dianalisis dengan uji t. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpul data, angket divalidasi oleh validator. Penelitian ini menghasilkan e-modul pelatihan mikrotik yang dikembangkan dengan tampilan elektronik menggunakan aplikasi flipbooks, dilengkapi dengan materi yang update, serta beberapa permasalahan dan solusi disetiap kegiatan belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bawha e-modul pelatihan telah memenuhi kriteria statistik, yaitu sebuah e-modul pelatihan yang valid, praktis dan efektif melalui proses terstruktur untuk menghasilkan produk yang bermanfaat untuk menyelesaikan persoalan pada kebutuhan guru. Implikasi guru dapat menggunakan e-modul dimanapun dan kapanpun dengan media laptop untuk menjalankan modul. Saran e-modul pelatihan mikrotik yang dikembangkan ini bisa menjadi rujukan untuk digunakan oleh instruktur dan peserta diklat di sekolah masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Jun 2020 09:11
Last Modified: 01 Jun 2020 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26681

Actions (login required)

View Item View Item