Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT dan Pengetahuan Awal Siswa terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Negeri 01 Ladang Cakiah Bukittinggi.

Adrizal, Adrizal (2019) Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT dan Pengetahuan Awal Siswa terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Negeri 01 Ladang Cakiah Bukittinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ADRIZAL_15155014_5669_2019.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperaif tipe TGT dan pengetahuan awal siswa terhadap penguasaan kosa kata siswa. Empat hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah, pertama penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. Kedua siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. Ketiga siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. Ke Empat terdapat Interaksi antara pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pengetahuan awal siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi ekperimen dengan disain penelitian faktorial 2 x 2 tipe posttest only. Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Ladang Cakiah dikumpulkan dengan melalui pretes dan postes. Data dianalisis dengan uji t. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Nomor 01 Ladang Cakiah Bukittinggi yang berjumlah 30 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling yaitu mengambil sampel secara keseluruhan dari populasi. Setelah dilakukan uji homogenitas, maka ditetapkan kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian factorial design. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa: a penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. b. siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. c. siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. d. terdapat Interaksi antara pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pengetahuan awal siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dan mempermudah pemahaman siswa dalam menerima materi pelajaran. Dalam hal ini dituntut kemampuan guru dalam mengembangkan kreativitasnya dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Jun 2020 00:38
Last Modified: 01 Jun 2020 00:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26676

Actions (login required)

View Item View Item