Pengembangan Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA

Aprelianda, Nola and Yerimadesi, Yerimadesi (2019) Pengembangan Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1 (4). pp. 1129-1138. ISSN 2655-0865

[img]
Preview
Text
181-Article Text-528-2-10-20200324 pengembangan modul stoikiometri.pdf

Download (578kB) | Preview
Official URL: https://www.ranahresearch.com/index.php/R2J/articl...

Abstract

Modul pembelajaran berbasis guided discovery learning dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan keaktifan siswa dan memahami konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan menggunakan formula kappa Cohen. Modul ini divalidasi oleh 4 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru SMAN 1 Guguak. Modul ini juga diujikan kepada 30 orang siswa kelas XI IPA SMAN 1 Guguak tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis lembaran validitas modul, praktikalitas modul oleh guru dan praktikalitas modul oleh siswa dikategorikan sangat tinggi menunjukkan skor rata�rata moment kappa (k) berrturut-turut adalah 0,85, 0,92, dan 0,82. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 31 May 2020 07:30
Last Modified: 31 May 2020 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26670

Actions (login required)

View Item View Item