Analisis Validitas dan Praktikalitas dari Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning: Validity and Practicality Analysis of The Petroleum Module Based on Guided Discovery Learning

Permatasari, w and Yerimadesi, Yerimadesi (2020) Analisis Validitas dan Praktikalitas dari Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning: Validity and Practicality Analysis of The Petroleum Module Based on Guided Discovery Learning. EduKimia Journal, 2 (1). pp. 25-31. ISSN 2502-6399

[img]
Preview
Text
2020. Permatasri & Yerimadesi ..Modul MB GDL...Edukimia.pdf

Download (276kB) | Preview
Official URL: http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukim...

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan dan menganalisis validitas serta praktikalitas dari modul minyak bumi berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Uji validitas dilakukan kepada 4 dosen kimia FMIPA UNP dan 2 guru kimia SMAN 8 Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 guru kimia serta 30 siswa kelas XII SMAN 8 Padang pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan formula kappa Cohen. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata momen kappa validitas modul (0,89), praktikalitas modul oleh guru (0,93) dan praktikalitas modul oleh siswa (0,82). Data tersebut memperlihatkan bahwa modul yang dihasilkan sudah valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 31 May 2020 06:56
Last Modified: 31 May 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26669

Actions (login required)

View Item View Item