Fitria, Titin (2011) Efektivitas Penggunaan CD interaktif Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Pembelajaran Koloid di Kelas XI IA SMAN 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TITIN FITRIA_84203_2011.pdf [thumbnail of final_B1_TITIN FITRIA_84203_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TITIN FITRIA_84203_2011.pdf
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa dan belum adanya penggunaan media berupa CD interaktif pada pembelajaran koloid di SMAN 4 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan CD interaktif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran koloid dan mengetahui keefektifan penggunaan CD interaktif dalam pembelajaran koloid di SMAN 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random group Pretest & Posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMAN 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas XI IA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA 4 sebagai kelas kontrol. Data berupa hasil belajar kognitif yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji McNemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan CD interaktif lebih tinggi secara signifikan pada taraf kepercayaan 95% dibandingkan hasil belajar siswa tanpa menggunakan CD interaktif dalam pembelajaran koloid di kelas XI IA SMAN 4 Pariaman dan CD interaktif ini efektif digunakan dalam pembelajaran koloid.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan CD interaktif, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26664 |