Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Kahoot Pada Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen.

Suja’i, Muhammad Imam (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Kahoot Pada Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MUHAMMAD_IMAM_SUJAI_16138059_2292_2019.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tes awal, hasil belajar peserta didik pada mata kuliah sistem informasi manajemen semester 7 pada STT Ibnu Sina banyak yang masih dibawah batas kelulusan minimal. Setelah dilakukan observasi didapatkan bahwa salah satu penyebabnya adalah karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Dengan mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot, peneliti berharap kegiatan pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih menarik dan dapat memotivasi peserta didik untuk belajar. Setelah dilakukan pengembangan, maka diharapkan akan didapatkan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk mata kuliah sistem informasi manajemen. Metode penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan model penelitian 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran dilakukan uji validasi, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan, validitas media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi aspek materi dan media dengan hasil “valid” dan sesuai nilai validitas Aiken’s V. Data kepraktisan dari respon pengajar dan peserta didik didapatkan kategori kepraktisan sangat tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan, praktis untuk digunakan oleh pengajar dan peserta didik. Berdasarkan hasil belajar sebelum penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan (pre-test) didapatkan 64,29% mahasiswa belum tuntas. Setelah penerapan pengembangan media pembelajaran dilakukan pengujian (post-test) dengan hasil 96,43% tuntas Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 May 2020 05:03
Last Modified: 31 May 2020 05:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26658

Actions (login required)

View Item View Item