Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Negeri Kota Padang.

Sabrina, Ranny Rasyidah (2019) Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Negeri Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RANNY_RASYIDAH_SABRINA_16124064_456_2019.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa di SD kota Padang. Hal ini disebabkan karena siswa masih terfokus pada cara yang diajarkan oleh guru dan belum bisa menyelesaikan masalah komunikasi dengan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan pembelajaran melalui pendekatan open ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD kota Padang yang terdaftar pada gugus IV kecamatan Padang Timur semester I tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 227 siswa.. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas eksperimen adalah siswa kelas VA SD Negeri 23 Marapalam dan sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas V SD Negeri 20 Air Camar kota Padang. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan awal dan tes akhir berupa soal kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan ANAVA dua arah untuk interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh nilai t-hitung untuk kemampuan berpikir kreatif sebesar 4,551, t-hitung untuk kemampuan komunikasi matematis sebesar 4,079 sedangkan t-tabel 2,002 dengan taraf signifikansi 5% sehingga diterima. (2) Kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah yang diajar dengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran melalui pendekatan open ended dan kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan analisis data mengunakan anava dua arah, data hasil perhitungan kedua kelas diperoleh nilai F-hitung untuk kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,62, F-hitung untuk kemampuan komunikasi matematis sebesar 2,15 sedangkan F-tabel 3,17 dengan taraf signifikansi 5% sehingga diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 May 2020 05:03
Last Modified: 31 May 2020 05:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26656

Actions (login required)

View Item View Item