Hubungan Persepsi terhadap Pola Asuh Orangtua dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Perilaku Prososial (Studi pada Siswa SMA Negeri 2 Kisaran

Wulandari, Siti (2019) Hubungan Persepsi terhadap Pola Asuh Orangtua dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Perilaku Prososial (Studi pada Siswa SMA Negeri 2 Kisaran. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SITI_WULANDARI_15151068_1292_2019.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya perilaku prososial siswa. Persepsi terhadap pola asuh orangtua dan dukungan sosial teman sebaya merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perilaku prososial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) perilaku prososial, (2) persepsi terhadap pola asuh orangtua, (3) dukungan sosial teman sebaya, dan menguji (4) hubungan persepsi terhadap pola asuh orangtua dengan perilaku prososial, (5) hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan perilaku prososial, dan (6) hubungan persepsi terhadap pola asuh orangtua dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama dengan perilaku prososial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Kisaran yang berjumlah 594 siswa. Sampel diperoleh sebanyak 239 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara umum perilaku prososial berada pada kategori tinggi, (2) persepsi pola asuh orangtua siswa berada pada kategori positif, (3) dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap pola asuh orangtua dengan perilaku prososial, (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan perilaku prososial, dan (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap pola asuh orangtua dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama- sama dengan perilaku prososial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 May 2020 13:06
Last Modified: 30 May 2020 13:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26649

Actions (login required)

View Item View Item