Pengembangan LKS Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Efrizon, Efrizon (2019) Pengembangan LKS Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EFRIZON_14124065_095_2019.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) masih terpusat pada guru atau teacher centre, seharusnya siswalah yang lebih aktif dalam pembelajaran. Apabila dalam pembelajaran matematika siswa terlibat secara aktif, tentu aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, harus didukung oleh perangkat pembelajaran, salah satunya LKS. LKS matematika tentu harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan menggunakan masalah kontekstual yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari siswa. Permasalahan ini dapat diwujudkan dalam bentuk mengembangkan LKS berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengadopsi model McKenny, yang terdiri atas tahap analisis pendahuluan, tahap perancangan, dan tahap penilaian. LKS yang dikembangkan divalidasi oleh beberapa ahli, kemudian diujicobakan untuk melihat kepraktisan dan keefektifannya. Kepratisan dilihat melalui hasil analisis observasi pelaksanaan pembelajaran, angket prediksi para pakar, angket respon siswa, dan guru. Keefektifan dilihat melalui observasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dari hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Realistic Mathematics Education (RM) untuk kelas V SD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari aspek isi, aspek bahasa, dan aspek penyajian atau kegrafikaan. Tingkat validitas dari LKS yang dikembangkan berada pada kategori valid. Hasil observasi, angket, dan wawancara menunjukkan bahwa LKS sudah praktis dari segi kemudahan penggunaan, penggunaan waktu, dan keterbacaan oleh guru dan siswa. LKS yang dikembangkan juga telah efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian, maka LKS berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan untuk siswa kelas V SD dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 May 2020 10:32
Last Modified: 30 May 2020 10:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26647

Actions (login required)

View Item View Item