Kontribusi Dukungan Sosial Rekan Kerja dan Konsep Diri Sosial terhadap Kondisi Burnout Guru BK

Habibah, Suci (2019) Kontribusi Dukungan Sosial Rekan Kerja dan Konsep Diri Sosial terhadap Kondisi Burnout Guru BK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SUCI_HABIBAH_15151044_5859_2019.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat Guru BK yang mengalami kondisi stres dan kejenuhan dalam bekerja yang berujung pada kondisi burnout. Konsep diri sosial dan dukungan sosial rekan kerja merupakan faktor yang diduga mempengaruhi kondisi burnout Guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dukungan sosial rekan kerja, konsep diri sosial, mendeskripsikan kondisi burnout Guru BK, (2) menguji kontribusi dukungan sosial rekan kerja terhadap kondisi burnout, (3) menguji kontribusi konsep diri sosial terhadap kondisi burnout, dan (4) menguji kontribusi dukungan sosial rekan kerja dan konsep diri sosial secara bersama-sama terhadap kondisi burnout Guru BK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah Guru BK SMAN se-Kota Pekanbaru. Sampel berjumlah 52 orang yang ditetapkan dengan teknik pengambilan sampel total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dukungan sosial rekan kerja, konsep diri sosial, burnout dengan model skala Likert. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata gambaran dukungan sosial rekan kerja berada pada kategori tinggi, konsep diri sosial berada pada kategori positif, dan kondisi burnout Guru BK berada pada kategori rendah, (2) terdapat kontribusi dukungan sosial rekan kerja terhadap kondisi burnout Guru BK sebesar 37.4%, dan (3) kontribusi konsep diri sosial terhadap kondisi burnout Guru BK sebesar 21,1%, serta (4) kontribusi dukungan sosial rekan kerja dan konsep diri sosial terhadap kondisi burnout sebesar 55.7%. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan bimbingan dan konseling khususnya dalam meningkatkan dukungan sosial rekan kerja dan konsep diri sosial terhadap kondisi burnout Guru BK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 May 2020 10:32
Last Modified: 30 May 2020 10:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26646

Actions (login required)

View Item View Item