Pengaruh Model Everyone Is a Teacher Here dan Pengetahuan Awai Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Lubis, Akhmad Badrul (2019) Pengaruh Model Everyone Is a Teacher Here dan Pengetahuan Awai Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AKHMAD_BADRUL_LUBIS_18124004_77_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Model Everyone Is a Teacher Here dan Pengetahuan Awai Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui: ( 1) Pengaruh mode Everyone ls a Teacher Here (ETH) dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, (2) Pengaruh model ETH dan pembelajaran konvensional dengan pengetahuan awal tinggi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, (3) Pengaruh model ETH dan pembelajaran konvensional dengan pengetahuan awal rendah terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, (4) Interaksi antara model ETH dengan pengetahuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Keterampilan berpikir kritis yang diteliti adalah keterampilan berpikir kritis pada Mata Pelajaran IPS yang diajarkan seacara tematik terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan populasinya adalah peserta didik Kelas V SD Gugus II Kecamatan Keliling Danau dengan menggunakan teknik Sampel Random Sampling diperoleh kelas V SDN 95/III Tanjung Pauh Mudik sebagai kelas ekperimen dan SDN 15/III Punai Merindu sebagai kelas kontrol. Istrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan awal dan tes keterampilan berpikir kritis. Diperoleh basil penelitian: (1) Keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan model ETH secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional karena diperoleh Sig. = ,000 < a = 0,05 (2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan pengetahuan awal tinggi yang menggunakan model ETH secara signifikan lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional karena diperoleh Sig. = ,000 < a= 0,05 (3) Keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan pengetahuan awal rendah yang menggunakan model ETH tidak jauh berbeda dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional karena diperoleh Sig. = ,156 > a = 0,05 (4) Tidak ada interaksi yang signifikan antara model ETH dengan pengetahuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu karena diperoleh Sig. = ,072 > a= 0,05. Sehingga model ETH dapat dijadikan salah satu solusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPS dalam pembelajaran tematik terpadu. Kata-Kata Kunci: Model Everyone Is a Teacher Here, Pengetahuan Awal, Keterampilan Berpikir Kritis, Tematik Terpadu, Sekolah Dasar. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 May 2020 06:01
Last Modified: 29 May 2020 06:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26636

Actions (login required)

View Item View Item