Pelaksanaan Pembelajaran Penyuluhan Pertanian menurut Kelompok Tani Aur Sarumpun Nagari Kudu Ganting Barat Kabupaten Padang Pariaman

Tussa’diyah, Laila (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Penyuluhan Pertanian menurut Kelompok Tani Aur Sarumpun Nagari Kudu Ganting Barat Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_LAILA_TUSSA’DIYAH_14005055_2150_2019.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kehadiran warga belajar (kelompok tani) dalam mengikuti penyuluhan pertanian, hal ini terlihat pada saat penyuluhan dilaksanakan, terlihat keseriusan warga belajar dalam menerima dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh penyuluh. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran penyuluhan pertanian menurut kelompok tani Aur Sarumpun, Nagari Kudu Ganting Barat, Kecamatan V Koto Timur yang dilihat dari aspek tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok tani Aur Sarumpun yang mengikuti penyuluhan pertanian yang berjumlah 40 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan analisis data menggunakan perhitungan persentase. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian menurut Kelompok Tani Aur Sarumpun, Nagari Kudu Ganting Barat, Kecamatan V Koto Timur adalah (1) pelaksanaan pembelajaran penyuluhan pertanian pada aspek tujuan pembelajaran adalah dominan dikategorikan sangat baik, (2) pelaksanaan pembelajaran penyuluhan pertanian pada aspek materi pembelajaran dominan dikategorikan sangat baik, (3) pelaksanaan pembelajaran penyuluhan pertanian pada aspek metode pembelajaran adalah dominan dikategorikan sangat baik, (4) pelaksanaan pembelajaran penyuluhan pertanian pada aspek evaluasi pembelajaran adalah dominan dikategorikan sangat baik. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada penyuluh dalam penyuluhan selalu melaksanakan penyuluhan yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar (kelompok tani) agar out put dalam kegiatan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 May 2020 06:45
Last Modified: 28 May 2020 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26633

Actions (login required)

View Item View Item