Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 3 Padang Panjang

Nurhaq, Dia (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 3 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DIA_NURHAQ_15004080_5122_2019.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di SMA N 3 Padang Panjang. Guru sering menggunakan metode ceramah, sehingga proses pembelajaran belum optimal. Untuk mengatasi masalah ini dicoba menerapkan model koooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan dengan model koooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di kelas XI MIPA SMA N 3 Padang Panjang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian quasi eksperimen dengan penerapan model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan penerapan model konvensional di kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA DI SMA 3 Padang Panjang dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 1 masing masing berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk objektif sebanyak 40 butir soal dan data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh nilai rata-rata 83 pada kelas XI MIPA 2 yang menggunakan model koooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card, sedangkan untuk kelas XI MIPA 1 diperoleh nilai rata-rata 76,640 yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 6,247dan ttabel sebesar 2,000 pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model koooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fisika kelas XI MIPA di SMA 3 Padang Panjang. Kata Kunci: Team Game Tournament (TGT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 May 2020 06:45
Last Modified: 28 May 2020 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26632

Actions (login required)

View Item View Item