Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera

Wati, Helmi Rahma (2019) Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_HELMI_RAHMA_WATI_15022025_4409_2019.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan, peneliti menemukan bahwa kemampuan berbicara anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera sudah berkembang secara optimal. Hal ini terlihat pada prestasi yang diperoleh oleh anak, diantaranya adalah juara 2 lomba bercerita tingkat kabupaten, juara 3 lomba nyanyi anak-anak tingkat kecamatan, dan juara 1 lomba membaca ayat-ayat pendek tingkat kabupaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana stimulasi kemampuan berbicara anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata, dan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa stimulasi kemampuan berbicara anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera dilakukan pada pijakan sebelum bermain dan pada pijakan saat bermain. Setiap kegiatan kemampuan berbicara lebih menekankan melalui kegiatan bercerita dan tanya jawab guna memperlancar kemampuan berbicara anak. Struktur kalimat yang digunakan dalam stimulasi kemampuan berbicara anak adalah kalimat yang mudah dimengerti oleh anak sehingga anak mampu berkomunikasi dengan baik. Cara guru menstimulasi kosa kata dalam kemampuan berbicara anak yaitu guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak, sehingga anak tertarik dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan dikelas dan tidak merasa terbebani, kemudian guru juga tidak banyak mengajukan pertanyaan kepada anak akan tetapi biarkan anak yang mengajukan pertanyaan kepada guru. Yang digunakan guru dalam pengembangan artikulasi pada kemampuan berbicara anak adalah metode dan keterampilan belajar yang bervariasi. Kata kunci : Struktur Kalimat, Kosa Kata, Artikulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 May 2020 06:44
Last Modified: 28 May 2020 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26630

Actions (login required)

View Item View Item