Pengaruh Remedial teaching menggunakan metode Small Group Discussion terhadap ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 31 Padang

Harpianda, Febri Ushaly (2019) Pengaruh Remedial teaching menggunakan metode Small Group Discussion terhadap ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FEBRI_USHAY_ HARPIANDA_14004038_5229_2019.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penerapan Remedial Teaching pada mata pelajaran IPA di SMP N 31 Padang, hal ini dikarenakan guru belum mengoptimalkan penerapan Remedial Teaching sesuai prosedur yang seharusnya sehingga banyak dari siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh Remedial Teaching yang menggunakan metode Small Group discussion terhadap ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 31 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis quasy experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 31 Padang yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 251 orang dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling, siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol, masing-masingnya berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 20 butir soal dan alat pengumpul data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Small Group Discussion pada Remedial Teaching lebih tinggi dari pada kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional pada Remedial Teaching. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata nilai 82.6 pada kelas eksperimen dan 74 pada kelas kontrol. Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan hasil thitung = 4.123 sedangkan ttabel = 2.000 pada taraf kepercayaan ( 0.05), sehingga thitung>ttabel. Kesimpulan yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada ketuntasan hasil remedial teaching dengan menggunakan metode small group discussion dibandingkan hasil remedial teaching menggunakan metode konvensional. Kata Kunci: Remedial Teaching, Small Group Discussion, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 May 2020 05:39
Last Modified: 28 May 2020 05:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26629

Actions (login required)

View Item View Item